Belajar sepanjang hayat, hingga terbenam di ufuk barat tetap memancarkan cahaya

Jumat, 21 Mei 2010

Kegiatan Sanggar Kegiatan belajar Kota Bengkulu


1.      Pada tahun 2009 UPTD SKB Kota Bengkulu telah menyerahkan Bantuan Kelembagaan PAUD Daerah Terpencil Binaan UPTD SKB yaitu PAUD Cahaya Bahari yang berada di pesisir pantai Kota Bengkulu yang terletak di Kampung Bahari Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan kampung Melayu dimana kegiatan ini berlangsung selama bulan Januari s.d Desember tahun 2009. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk
·         Mengembangkan program PAUD
·         Memperbanyak sarana / alat bermain anak
·         Memberikan insentif kepada Tutor
·         Memperbaiki sarana dan prasarana
2.      UPTD SKB Kota Bengkulu pada bulan Oktober tahun 2009 telah melaksanakan pelatihan Pendidikan Kecakapan Hidup (PKH) bidang Pembuatan Makanan Berbahan Ikan, dengan peserta yang dilatih sebanyak 10 orang. Dan dari pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pengembangan pendidikan Nonformal dan Informal serta meningkatkan sumber daya manusia dibidang PKH.
3.      Tanggal 5 s.d 15 Oktober tahun 2009 UPTD SKB Kota Bengkulu bekerja sama dengan LPK Mayang Sari telah melaksanakan Pelatihan PKH Kelompok Usaha Pemuda Produktif (KUPP) bidang Menjahit Terampil dengan peserta sebanyak 30 orang pemuda. Tujuan dari kegiatan ini adalah adanya 30 orang penjahit terampil yang mampu membuka usaha sendiri maupun secara berkelompok.
4.      Selain KUPP menjahit Terampil pada tahun 2009 tepatnya pada tanggal 3 Oktober s.d 3 Desember 2009 UPTD SKB Kota Bengkulu juga mengadakan KUPP bidang Budidaya ikan Lele Dumbo dengan peserta sebanyak 30 orang dan pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pemuda tentang budidaya ikan Lele Dumbo, agar mereka dapat memperoleh penghasilan dan menciptakan masyarakat yang dapat mengembangkan dunia wiraswasta.
5.      Sebanyak 40 orang warga belajar telah mendapatkan Pelatihan Kursus Para Profesi (KPP) Bidang Security yang diselenggarakan oleh UPTD SKB Kota Bengkulu dimana pelatihan ini diselenggarakan di Cadika, Gerakan Pramuka Kwartil Daerah Jl. Rokan Kiri Kota Bengkulu kegiatan ini berlangsung tanggal 25 s.d 31 Oktober 2009. Dari pelatihan ini diharapkan dapat memberikan bekal keterampilan khusus bagi calon petugas satuan pengaman dalam rangka pemberdayaan pemuda dan mengarah pada pengentasan pengangguran di wilayah Kota Bengkulu.
6.      Selain KPP bidang security UPTD SKB Kota Bengkulu Juga menyelenggarakan KPP Bidang Babysitter yang bekerja sama Pimpinan Wilayah Aisyiyah Propinsi Bengkulu Majelis Kesehatan Lingkungan, yang diselenggarakan pada tanggal 5 November s.d 5 Desember 2009 dimana dalam pelatihan ini sebanyak 40 orang warga belajar telah dilatih dengan tujuan dapat memiliki keterampilan, pengetahuan dan sikap yang dibutuhkan dalam memasuki dunia kerja baik bekerja mandiri untuk meningkatkan pendapat dan kelayakan hidup.
7.      KPP bidang Pemandu Wisata dengan warga belajar sebanyak 50 orang diselenggarakan UPTD SKB Kota Bengkulu pada tanggal 26 Oktober s.d 26 Desember 2009 dengan maksud agar adanya konsep pembelajaran KPP Bidang Pemandu Wisata dan perencanaan pengembangan untuk program PKH bidang pemandu wisata.
8.      Pada tahun 2009 UPTD SKB Kota Bengkulu Bekerja Sama dengan LPK Bengkulu Motor training Centre (BMTC) menyelenggarakan Kewirausahaan Perkotaan (KWK) keterampilan Otomotif Montir Sepeda Motor bagi Pemuda Putus Sekolah. Dari pelatihan yang diselengarakan selama 36 hari ini telah menghasilkan 20 orang wirausahaan baru yang siap bersaing. Pelatihan ini bertujuan memberikan keterampilan mekanik sepeda motor kepada masyarakat yang tidak punya pekerjaan sehingga dapat mengurangi pengangguran dan menciptakan masyarakat yang dapat mengembangkan dunia wiraswatsa.
9.      Dengan maksud untuk menumbuhkan sikap mental berwiraswasta bagi warga belajar sehingga dapat meningkatkan motivasi berusaha dan memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang percetakan Sablon. UPTD SKB Kota Bengkulu pada tanggal 28 Oktober s.d 07 November 2009 menyelenggarakan Pelatihan Kecakapan Hidup (PKH) KWK Sablon bagi pemuda dengan warga belajar sebanyak 10 orang.
10.  PKH KWK Pembuatan Pupuk Bokhasi dari sampah organik diselenggarakan UPTD SKB Kota Bengkulu pada tanggal 21 Oktober s.d 19 November 2009 dengan warga Belajar sebanyak 20 orang, dengan tujuan memberikan keterampilan tekhnis pengelolaan dan pemanfaatan limbah / sampah organic menjadi pupuk bokhasi berkualitas.
11.  Bulan Juni s.d Juli 2009 UPTD SKB Kota Bengkulu telah mendata lembaga PNFI yang ada di Kota Bengkulu dengan tujuan terkumpulnya data-data lembaga PNFI yang ada di Kota Bengkulu dengan rincian sebanyak 31 LPK, 23 TPA, 40 KELOMPOK BERMAIN, 52 LEMBAGA KURSUS, 53 PAUD, 68 PKBM, 32 TBM.
12.  Sebanyak 4 kelompok (40 orang) warga Keaksaraan Fungsional (KF) pada bulan Mei s.d Oktober 2009 UPTD SKB telah menyelesaikan Program Keaksaraan Fungsional berbasis Keterampilan. Dimana tujuan dari program ini adalah adanya 40 warga belajar yang sudah mengusai KF dasar dapat membuat kerupuk ubi dan susu kedelai.
13.  Dengan tujuan menghasilkan peserta didik yang memiliki pengetahuan keterampilan dan kemampuan setara dengan Pendidikan Formal. UPTD SKB telah menyelenggarakan Program Kesetaraan Paket A dan B dengan jumlah warga belajar Paket B sebanyak 26 orang dan Paket A 20 orang yang dilaksanakan dari bulan Januari s.d Desember 2009. Dan rintisan Paket C dilaksanakan pada bulan Juli 2009 s.d Juni 2010 dengan warga belejar sebanyak 40 orang.
14.  Pada tahun 2010 sebanyak 148 orang (133 orang dari APBN dan 15 orang dari APBD) Pendidik PAUD telah menerima insentif. Namun jumlah ini terbilang menurun jika dibandingkan pada tahun 2009 yang berjumlah 180 orang dengan rincian 134 orang menerima dari APBN dan 46 dari APBD.
15.  Pada tahun 2009 UPTD SKB Kota Bengkulu telah membangun kantor baru yang belokasi di Lempuing, kantor ini dibangun melalui Program Revitalisasi Gedung yang dikeluarkan oleh Pusat Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal (PP PNFI). Pembangunan gedung SKB ini dilaksanakan pada tanggal 16 September s.d 16 Desember 2009 (90 hari) yang diborongkan kepada CV. Pratama Karya Sakti.
16.  Kota Bengkulu pada tahun 2010 terpilih sebagai salah satu lokasi penyelenggaraan Program Kawasan Wilayah oleh Pusat Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal (PP PNFI), dengan program unggulan industri kecil. Rencananya kegiatan ini akan diselenggarakan selama 6 bulan dengan lokasi kegiatan berpusat di Kelurahan Malabro dan Kebun Keling. Kawasan ini dipilih karena kawasan ini merupakan daerah pesisir yang berada di tengah kota dan dahulunya merupakanpusat perekonomian masyarakat Kota Bengkulu.
17.  Seleksi Jambore 100 PTK PNF tingkat nasional pada tahun 2010 tingkat Kota Bengkulu dilaksanakan pada tanggal 26 s.d 27 Mei 2010. Dimana seleksi yang akan dilaksanakan ini meliputi penilaian proposal dan presntasi proposal. Seleksi ini dilaksanakan di Dinas Pendidikan Kota Bengkulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda


ShoutMix chat widget

Pengikut

Daftar Blog Saya